top of page
Writer's pictureDelvirah Sabatini

New Moon (Twilight, #2)

Updated: Jun 24, 2020


Judul: New Moon (Twilight, #2) Penulis: Stephenie Meyer Penerbit: Little, Brown and Company Publikasi: 6 September 2006 Tebal: 563 halaman


"The waves of pain that had only lapped at me before now reared high up and washed over my head, pulling me under. I did not resurface."

New Moon adalah buku kedua dari Twilight saga yang, sama seperti buku pertamanya, menurut gue masih bisa ditolerir. Menurut Stephenie Meyer, tema utama dari buku ini adalah "rasa pedih kehilangan cinta" *snorts*. Selain klan vampir yang sudah kita kenal, di buku ini kita akan diperkenalkan dengan klan baru: manusia serigala (werewolves).


FYI, Stephenie Meyer awalnya nggak merencanakan Twilight untuk jadi novel berseri. Awalnya dia hanya merencanakan satu novel tentang kisah cinta terlarang antara vampir dan manusia. Sampai suatu ketika, entah agen atau penerbitnya (gue lupa), menghubungi dia dan meminta supaya dia membuat Twilight jadi novel berseri. Secara spesifik dia mengarahkan Meyer ke Jacob Black ("Saya suka sama si Jacob Black itu.. mungkin kamu bisa kembangkan ceritanya.") dan itulah alasan kenapa kita dihadiahi bukan satu, bukan dua, dan bukan juga tiga novel Twilight, melainkan empat, saudara-saudara!


Dear agen/penerbit Stephenie Meyer...



New Moon berawal dengan Bella yang akan segera merayakan ulangtahunnya yang ke-18. Alih-alih merasa bahagia seperti layaknya semua manusia normal (dudes, the presents!), dia justru angot-angotan karena itu berarti dia akan setahun lebih tua daripada Edward. Oke, Bella, beberapa hal yang patut lo pikirkan:

  1. EDWARD BERUSIA LEBIH DARI SEABAD. GIMANA CERITANYA SEJARAHNYA ELO TAKUT JADI LEBIH TUA DARIPADA DIA?????????

Kemudian, keluarga Cullen mengadakan sebuah pesta ulang tahun buat Bella. Bella nggak sengaja melukai dirinya (saking goblok cerobohnya dia! Masa lupa! *ketawa histeris*) dan Jasper, terpancing oleh bau darah, menyerangnya. Tapi Eddie tercinta melindungi pacar terkasihnya dengan cara mendorong Bella sehingga dia jatuh di atas meja kaca yang kemudian jatuh pecah berderai dan berbuntut pada Bella mengalami luka yang lebih parah.


Jadi di kasus pertama kita punya Bella yang nggak sengaja melukai dirinya waktu membuka kado (papercut). Jasper terpancing, menyerang Bella. Di kasus kedua, dalam usahanya untuk melindungi Bella, Edward mendorong Bella sehingga jatuh di atas meja kaca yang mengakibatkan dia makin berdarah-darah. Di ruangan yang penuh vampir.



Kemudian, melihat bahaya yang mengancam Bella kalau ia bergaul dengan keluarganya, Edward memutuskan untuk pindah dari Forks dan meninggalkan Bella. Oh iya, bukan cuma Edward, melainkan juga seluruh keluarga Cullen. Dan dari situ kita disuguhi sebanyak hampir DUA PERTIGA DARI TOTAL HALAMAN DI BUKU INI yang berisi Bella yang patah hati, Edward, Bella yang sedih, Edward, Bella yang merasa hampa, Edward, manusia serigala, Jacob Black.


EGGLYSIS



Oke, gue ngerti. Bella patah hati. Bella cintaaaa bangett sama nih cowok vampir satu. Dan dia pergi gitu aja. Dunia seakan begitu gelap. Semua terasa hampa. Gue ngerti. Urusan patah hati gue paham banget. TAPI YA NGGAK HAMPIR DUA PERTIGA BUKU JUGA SI STEPHENIE BERKUTAT SAMA KEGALAUAN INI DONGG? Girl, have some self-respect! Meyer berulang kali bilang ke kita kalo Bella itu seorang cewek kuat, tapi cewek kuat bakalan sanggup bangkit dari patah hati, bukannya tenggelam sampai masuk kategori menyedihkan begini dan, oh, malah jadi punya kecenderungan suicidal karena menurutnya itu satu-satunya cara dia bisa melihat/mendengar Edward.


Gue cuma bisa menarik dua kesimpulan:

  1. Bella seriusan gobloknya ampun-ampunan.

  2. Nih cewek udah gila.


Overall, New Moon...



Click here to read the review in English.



0 views0 comments

Comments


bottom of page